Home » , » Cara Mengatasi Kulit Kepala Yang Kering

Cara Mengatasi Kulit Kepala Yang Kering

Kulit kepala yang kering menunjukkan bahwa kulit kepala tidak dalam keadaan sehat. Ini adalah masalah
umum yang muncul ketika kulit kepala menjadi sangat kering. Kulit kepala menjadi kering ketika tidak
mendapat cukup minyak untuk menjaga kelembaban kulit. Kekeringan membuat kulit kepala menjadi sensitif
dan menyebabkan gatal-gatal. Serpihan kulit kering akan jatuh dari permukaan kulit kepala ketika anda
menggaruk kepala anda. Kecendurungan menggaruk juga dapat menyebabkan memar pada kulit.
Seseorang dengan kulit kepala kering cenderung mengalami masalah rambut rontok lebih sering pada
tingkat yang lebih cepat.

Selain faktor kesalahan dalam merawat rambut dan kulit kepala, kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit kepala. Dalam kondisi tertentu, kulit kepala bisa terkelupas karena disebabkan oleh ketombe, psoriasi kulit kepala, dan penyakit eksim.
Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kulit kepala yang kering.


Mencuci Rambut

Cara mengatasi kulit kepala yang kering adalah dengan rutin mencuci rambut paling tidak 2 kali seminggu. Gunakanlah shampoo yang memang dirancang untuk menghilangkan ketombe. Anda bisa mencoba untuk membilas rambut dengan menggunakan campuran dari secangkir air hangat dan 2 sendok makan cuka putih.


Gunakan Kondisioner

Kondisi kulit kepala yang kering sangat rentan untuk mengalami pengelupasan kulit, oleh karena itu diperlukan pelembab khusus untuk kulit kepala. Anda bisa melembapkan kulit kepala dengan menggunakan kondisioner yang mengandung minyak tea tree. Minyak tea tree berfungsi efektif untuk melawan infeksi bakteri dan jamur yang sering memicu munculnya ketombe.


Lakukan Hidrasi Kulit

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kulit kepala mengelupas. Oleh sebab itu anda di sarankan untuk meminum air minimal 8 gelas perhari, hal itu dimaksudkan agar kulit kepala anda tetap terhidrasi. Minum air juga selain untuk menjaga kesehatan kulit juga dapat berguna untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Selain itu, untuk meringankan pengelupasan kulit anda juga bisa tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti zinc. Makanan yang mengandung zinc tersebut biasanya terdapat pada ikan atau kacang-kacangan.


Pemiijatan Kulit Kepala

Rutin melakukan pemijatan pada kulit kepala akan memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Selain itu, pemijatan juga dapat berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga minyak alami kulit bisa dilepas secara normal.


Gunakan Shampoo Yang Tepat

Kulit kepala yang terkelupas pada dasarnya disebabkan oleh ketombe, oleh karena itu langkah awal yang harus dilakukan adalah menghilangkan ketombe. Namun hati-hati dalam menggunakan shampoo anti ketombe, karena justru bisa membuat ketombe semakin menyebar. Gunakanlah shampoo anti ketombe yang memiliki kandungan seperti asam salisilat, zinc pyrithione, selenium sulfida, tar, atau ketoconazole.


Santan

Anda juga bisa menggunakan santan untuk bahan pengganti kondisioner. Caranya yaitu rebus santan pada api kecil kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu simpan pada wadah dan tunggu hingga suhu santan menjadi hangat. Lalu oleskan santan pada kulit kepala secara merata, tutuplah rambut anda menggunakan handuk hangat selama satu jam. Kemudian anda bisa mencuci rambut anda hingga bersih menggunakan shampoo yang telah di anjurkan.


Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh mengandung anti jamur alami yang kuat, antiinflamasi dan memiliki sifat anti bakteri, sehingga dapat  digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Caranya dengan mencampur 10 sampai 20 tetes minyak pohon teh ke dalam satu setengah cangkir shampoo bayi dan gunakan setiap hari ketika keramas sampai kulit kepala anda membaik dan tidak gatal lagi.


Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Dengan sifatnya yang khas memberikan nutrisi pada rambut, bagian lendir dari tanaman ini dipercaya dapat mengatasi persoalan ketombe di kulit kepala anda.
Cara penggunaannya sangat mudah, ambillah satu helai tanaman aloe vera kemudian kupas. Bagian yang berlendir gosokkan pada kulit kepala secara merata. Ini adalah cara paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe sekaligus merawat keindahan rambut.


Minyak Almond

Penggunaan minyak almond untuk mengatasi kulit kepala yang kering dilakukan setelah keramas. Keringkan rambut lalu balurkan satu sendok minyak almond pada kulit kepala anda. Lalu tutupi dengan handuk kering, biarkan selama 30 menit. Setelahnya bersihkan rambut dengan air hangat. Pemakaian minyak almond dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk memberikan efek yang lebih cepat dalam upaya mengatasi ketombe.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Lakukan cara diatas secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 12:53 PM