Home » , » Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Hitam Secara Alami

Bekas luka yang ada pada kulit seringkali menjadi salah satu hal yang dianggap mengganggu
penampilan. Semua orang sudah tentu memiliki bekas luka, entah itu di wajah, tangan , kaki atau pada bagian tubuh lainnya.
Dengan adanya bekas luka, kulit nampak kotor dan seperti kurang bersih, sehingga wajar saja banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya bekas luka yang sudah lama dan tak kunjung hilang.

Apalagi jika bekas luka tersebut nampak terlihat pada bagian kaki betis, tangan atau bagian wajah.

Ada berbagai jenis penyebab bekas luka, diantaranya bekas luka bakar, bekas luka akibat benda tajam, bekas jerawat, bekas cacar, bekas herpes, jahitan, bekas luka hitam dan lain-lain.
Beberapa orang khawatir akan hal tersebut bahkan rela melakukan cara apa saja. Berbagai produk khusus atau salep khusus pun dibeli, bahkan ada juga yang nekat melakukan operasi plastik atau laser agar kulitnya menjadi mulus kembali tanpa peduli berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Tapi, sebelum anda memutuskan untuk melakukan operasi plastik atau laser yang harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara-cara alternatif yang tidak kalah ampuhnya untuk menghilangkan bekas luka yang hitam secara alami.
Artikel ini akan memberikan beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka secara alami.



Mentimun

Buah yang dalam bahasa latinnya mempunyai nama Cucumis sativus ini tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi  juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput.  Tidak heran, banyak produk yang menggunakan mentimun sebagai bagian penting dalam perawatan kulit baik untuk mengencangkan, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, dan bahkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

Untuk menghilangkan bekas luka, cuci bersih mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang


Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya sejak dulu dalam mengobati berbagai penyakit. Madu merupakan cairan yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat madu diantaranya yaitu dapat membantu dalam merangsang regenerasi sel, mengurangi nyeri, mendinginkan dan juga menghilangkan bekas luka. Untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal dari madu, sangat dianjurkan menggunakan madu yang asli dan masih alami.
Anda dapat menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka dengan cara mengoleskan madu dengan merata pada luka. Kemudian diamkan selama 20 minit hingga 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.


Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang terkenal dapat menyuburkan rambut. Namun lidah buaya juga sekarang sudah digunakan sebagai bahan alami yang digunakan untuk perawatan kulit. Lidah buaya mengandung lignin dan juga asam amino yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit dan juga bermanfaat dalam regenerasi sel kulit.
Tanaman lidah buaya dapat mengurangi dalam menghilangkan bekas luka karena kandungan anti radang yang dimiliki oleh lidah buaya. Caranya dengan memanfaatkan lendir lidah buaya kemudian oleskan pada kulit yang memiliki bekas luka, lakukan cara ini secara rutin. Perhatikan dan hati-hatilah, ketika menggunakan lidah buaya jangan sampai terkena pada bagian getah lidah buaya tersebut karena jika anda terkena getah lidah buaya akan menimbulkan rasa gatal.


Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin yang dapat menghilangkan bekas luka yang hitam secara alami.
Caranya hanya dengan mengambil 1 buah jeruk nipis, lalu belahlah menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian bekas luka. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Untuk pertama kali pemakaian kulit akan terasa sedikit perih atau pedis pada kulit, tetapi jangan khawatir karena hal tersebut merupakan proses untuk menghilangkan noda hitam di kulit.


Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini sangat beragam manfaatnya. Minyak zaitun atau yang sering disebut olive oil ini juga dapat ditemukan dimana-mana, seperti di toko kecantikan, supermarket bahkan minimarket sekalipun.  Untuk menghilangkan bekas luka yang hitam secara alami dengan menggunakan minyak zaitun mudah sekali, cukup teteskan minyak zaitun pada kapas dan oleskan ke bekas luka yang ingin dihilangkan. Ada baiknya lagi sambil dilakukan pemijatan karena dapat membantu sirkulasi darah sehingga merangsang regenerasi kulit baru.


Teh hijau

Teh hijau mengandung bahan antioksidan yang sudah tidak diragukan lagi, selain dapat dikonsumsi menjadi minuman yang menyegarkan. Teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka yang hitam secara alami, misalnya pada bekas jerawat. Caranya adalah dengan menyeduh daun teh hijau kemudian gunakan untuk membasuh wajah secara berkala setiap hari. Anda juga bisa memanfaatkan air seduhan teh hijau ini sebagai toner pembersih wajah alami.


Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka yang hitam secara alami. Lakukan secara rutin agar bekas lukanya bisa hilang secara maksimal.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 2:31 AM