Home » , » Inilah 14 Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan

Inilah 14 Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan



Cantik alami, siapa wanita yang tidak mau? Hampir semua wanita ingin cantik secara alami. Nah, cantik alami ternyata bisa kita dapatkan dari vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran di sekitar kita. Salah satunya menjadi cantik alami dengan buah kelapa. Baik air kelapa, perasan santan, maupun ampas kelapa ternyata memiliki manfaat untuk merawat kecantikan.

14 manfaat kelapa untuk kecantikan

Inilah 14 Manfaat Kelapa Untuk Kecantikan

1. Mengurangi minyak wajah

Produksi minyak berlebih di wajah membuat riasan cepat luntur. Daging buah kelapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah.
Caranya sebagai berikut: 
  • Ambil satu buah kelapa dan parut. 
  • Tambahkan air sedikit agar parutan kelapa menjadi bubur. 
  • Tempelkan pada seluruh wajah, kecuali area mata.
  • Untuk mata, tempelkan irisan mentimun
  • Biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.
2. Membersihkan pori-pori

Scrub yang terbuat dari santan kelapa terbukti efektif membersihkan pori-pori kulit dan membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut, dan lebih sehat.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 cangkir garam, 4 sdm santan kelapa, dan 1 1/2 sdm minyak kelapa sebagai pewangi. Jika diperlukan tambahkan santan lagi sampai campuran mencapai konsistensi yang diinginkan. Oleskan pada kulit untuk mendapatkan efek pengelupasan alami yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

3. Meringankan gatal dan menambah kelembaban

Santan kelapa bisa dibuat menjadi krim untuk menambah kelembaban kulit dan membantu mencegah pengeringan kulit, dan meringankan gatal-gatal pada kulit. 

Caranya adalah campur santan dengan bubuk cendana, lantas oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas. Santan juga dapat langsung digosokkan ke kulit tanpa menambahkan bahan lainnya. Jika langsung digosokkan maka santan tidak perlu dibilas.

4. Menghaluskan kulit

Ampas kelapa berguna sebagai pembersih tubuh yang bermanfaat untuk detoksifikasi kulit. Bagi yang kulitnya berminyak, ampas kelapa bisa digunakan untuk pelembab ringan yang dapat menekan kadar minyak berlebihan. Sekaligus bisa bermanfaat dalam menghaluskan kulit. 

Ampas kelapa ini juga bisa mendinginkan daerah muka dan untuk masker wajah. Caranya adalah dengan menempelkan ampas kelapa tersebut di semua daerah muka. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Untuk daerah mata sebaiknya ditutupi memakai mentimun.


Minyak kelapa bisa digunakan untuk menghaluskan tumit pecah atau bagian telapak kaki yang biasanya kasar karena sering bergesekan dengan lantai atau tanah.

Caranya adalah: Ambil satu sendok minyak kelapa dan campurkan dengan petroleum jelly. Sebelum tidur oleskan ke bagian tumit yang pecah-pecah dan telapak kaki yang kasar secara merata. Setelah itu kenakan kaos kaki agar minyak tidak menempel di sprei. Besoknya bersihkan dengan air bersih dan oleskan hand body lotion.

6. Menyamarkan lutut dan siku yang menghitam

Lutut dan siku mungkin menjadi area tubuh yang luput dari perhatian dan perawatan. Akibatnya kedua bagian itu menghitam.

Caranya adalah teteskan setengah sendok teh minyak kelapa ke lemon, lalu usap perlahan berulang ke bagian lutut dan siku yang menghitam, sambl digosok secara lembut. Lakukan berkali-kali sampai lemon dan minyak kelapa habis, kemudian bersihkan.

7. Pelembab bibir

Kandungan pencegah hidrasi dari minyak kelapa dapat melawan bibir pecah-pecah. Caranya adalah cukup ambil minyak kelapa seujung jari kelingking, lalu oleskan di bibir. Kemudian diamkan beberapa saat sampai meresap.

8. Pelembut kutikula kuku

Caranya hampir sama dengan penggunaan minyak kelapa untuk pelembab bibir. Yaitu cukup ambil secuil minyak kelapa di ujung jari, lalu oleskan ke semua kuku dan diamkan beberapa saat sampai minyak kelapa meresap. Selain melembutkan kuku, minyak kelapa dapat membuat kuku lebih bersinar dan kuat.

9. Krim bawah mata

Kulit di bawah mata kita tipis dan halus. Karena itu rentan terhadap garis halus, bengkak, dan bintik hitam. Sebelum dioleskan dan dipijat di bawah mata, tepuk-tepuk sedikit secuil minyak kelapa di ujung telunjuk dan ibu jari untuk menghangatkan minyak sebelum dioleskan.

10. Pembersih make up

Ambil satu sendok teh minyak kelapa lalu oleskan di atas kapas. Minyak kelapa harus berada dalam keadaan suhu kamar kita. Setelah itu baru usapkan di atas wajah secara perlahan, dan jangan menekannya terlalu kuat. Setelah itu cuci muka dengan handuk yang telah dicelupkan air hangat.

11.  Krim cukur

Hangatkan satu gelas minyak kelapa di dalam air panas, kemudian oleskan di bagian tubuh yang ingin dicukur. Lalu biarkan pisau cukur meluncur lembut di atas kulit dan merontokkan seluruh bulu yang ingin dihilangkan. Tekstur minyak kelapa yang kental dan cair dapat melindungi kulit kita dari lecet.

12. Mendinginkan kulit yang terbakar matahari

Kulitmu kemerahan atau mengelupas karena terpapar sinar matahari? Yang perlu dilakukan adalah mengoleskan santan dingin ke kulit. Lemak dan minyak dalam santan akan membantu mengurangi kemerahan dan mengembalikan kelembaban pada kulit yang terbakar sinar matahari. Santan juga dapat meringankan rasa perih luka bakar atau ruam yang disebabkan oleh paparan matahari.

13. Anti penuaan

Mengkonsumsi santan atau mengaplikasikan di kulit akan meningkatkan elastisitas kulit, karena kandungan vitamin C dalam santan akan menjadikan kulit lebih elastis dan memperlambat proses penuaan kulit.

14. Pengobatan penyakit kulit

Karena sifatnya yang melembapkan, santan dapat menenangkan gejala psoriasis, dermatitis, dan eksim. Asam lemak alami dalam santan ini dapat membantu mengobati kulit kering dan iritasi serta menangkal bakteri dari permukaan kulit.

Nah itu tadi 14 manfaat kelapa untuk kecantikan. Khasiat buah kelapa ini akan terasa manfaatnya jika diterapkan secara rutin setiap hari. Selamat mencobanya dirumah.

CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 12:29 AM