Home » , , » Tips Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tips Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah



Wanita sangat peduli pada bagian tubuhnya, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Mereka senantiasa merawat bagian tubuhnya agar tetap sehat dan indah. Tumit kaki yang tidak terlalu kelihatan juga seringkali menjadi perhatiannya. Banyak wanita yang mengalami masalah pada tumit kakinya, yaitu kering dan pecah-pecah.

Kondisi ini sangat mengganggu penampilan saat memakai sandal atau bertelanjang kaki saat di depan umum. Sangat tidak enak dilihat.

Tumit kaki yang pecah-pecah juga bisa menyebabkan rasa sakit karena lecet dan iritasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumit kaki pecah-pecah. Umumnya karena kulit kering dan mengeras di sekitar pergelangan kaki bagian belakang hingga tumit.

Kulit pada tumit memang lebih tebal dibandingkan punggung kaki dan telapak. Namun karena tekanan terus menerus, khususnya saat mengenakan sepatu hak tinggi, maka kulit tumit jadi mengeras dan timbul efek retak atau pecah-pecah.

Cara jalan yang salah, terkena diabetes, terlalu banyak terkena debu, berat badan berlebih, dan infeksi jamur juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Tips Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tips menghaluskan tumit pecah-pecah
  • Bersihkan dulu kaki dari kuku yang panjang, kotoran di sela kuku serta sel kulit mati. Kamu bisa melakukan peeling dengan gula, kopi, susu, madu, minyak zaitun, mentega, atau scrub kaki khusus.
  • Gunakan susu pembersih wajah sebagai pengganti lotion untuk menutrisi kaki. Kamu bisa tetap beraktivitas lainnya. Setelah beberapa jam, bilas kaki agar sel kulit mati terangkat.
  • Malam hari sebelum tidur, gunakan petroleum jelly. Kandungan salep petroleum jelly bisa memperbaiki kulit kaki yang pecah, keras dan retak-retak.
  • Setiap seminggu sekali gunakan aloe vera untuk menutrisi dan mengobati kulit yang pecah.
  • Setiap kali berjalan selalu gunakan alas kaki.
  • Hindari lantai yang dingin atau kaki berinteraksi langsung dengan tanah maupun lantai.
  • Saat cuaca dingin atau musim hujan, kamu bisa gunakan kaos kaki.
  • Bila berada di ruangan ber-AC, kamu jangan lupa untuk menutrisi kulit kakimu. Terutama bagian jemari kaki, tumit dan mata kaki. Karena area kulit tersebut mudah menebal, kering dan pecah-pecah.
  • Jika kakimu habis terkena sinar matahari atau cuaca panas di luar ruangan, maka jangan pernah menyiramnya dengan air.
  • Kamu bisa gunakan mentimun, jeruk nipis, pisang, getah pepaya, alpukat, atau air mawar untuk mengobati tumit kaki yang pecah-pecah. Caranya dengan mengoleskannya pada tumit kaki.
  • Cuci kaki dengan air garam, lalu gosok tumit dengan batu apung, maka sel-sel kulit yang mati akan terangkat.

Nah, itu tadi tips menghaluskan tumit pecah-pecah. Lakukan tips di atas tadi secara rutin selama sebulan, maka kamu akan dapatkan hasil yang maksimal. Tumit kaki yang pecah-pecah akan kembali halus. Treatment ini memang membutuhkan ketekunan, jadi kamu harus lakukan dengan rutin setiap hari. Selamat mencoba!

CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 11:48 PM