Home » , » Inilah Cara Alami Merawat Kulit Anda

Inilah Cara Alami Merawat Kulit Anda

Hampir setiap orang mendambakan tampilan kulit yang bersih, cerah, dan sehat. Tak ada yang menginginkan kulitnya kering dan kusam. Berbagai upaya pun dilakukan agar kulit tetap bersih, cerah, dan sehat. Salah satunya adalah cara alami merawat kulit.

Cara merawat kulit secara alami memang tak membutuhkan banyak modal alias murah meriah. Cara dan bahan yang digunakan pun bisa didapatkan dengan mudah. Berikut beberapa tips dan cara alami merawat kulit.

Inilah Cara Alami Merawat Kulit Anda

Perawatan Kulit dari Dalam


Ingat bahwa kulit merupakan bagian tubuh yang paling luar. Meski dikenal sebagai lapisan luar tubuh pada manusia, kulit juga berhubungan dengan bagian dalam tubuh manusia. Karena itu, perawatan kulit juga harus memperhatikan aspek dari dalam. Seperti yang tergambar pada poin-poin berikut.

1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta porsi seimbang. Makanan merupakan asupan penting bagi tubuh termasuk kulit. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran maupun makanan sehat lainnya. Makanan yang mengandung vitamin C dan E sangat cocok untuk nutrisi bagi kulit agar nampak sehat dan cerah.

2. Penuhi kebutuhan dan cadangan air dalam tubuh. Air putih merupakan minuman wajib yang dapat memenuhi kebutuhan dan cadangan air bagi tubuh. Tentunya berpengaruh bagi kesehatan dan kecerahan kulit. Upayakan mengkonsumsi air putih dalam porsi cukup yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter perharinya.

3. Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak baik bagi perawatan dan kesehatan kulit seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, minum alkohol dan merokok.

Nah, alami merawat kulit tersebut harus pula diimbangi dengan perawatan kulit dari luar. Seperti diulas sebelumnya kulit adalah lapisan paling luar tubuh yang banyak bersentuhan dengan cuaca, sinar ultraviolet, debu, dan lain sebagainya.

Jika kita abai akan hal tersebut maka dampaknya tentu dapat mengganggu kecerahan dan kesehatan kulit.

Perawatan Kulit dari Luar


Ada sejumlah tips dan cara perawatan kulit dari luar yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk simak sama-sama ulasannya berikut ini!

1. Melakukan luluran. Luluran dengan bahan alami dari buah, sayuran maupun produk hewani seperti jeruk nipis, alpukat, madu, susu, dan sebagainya, sangat bermanfaat untuk melembutkan, mengencangkan, mencerahkan, dan membersihkan kulit secara alami. Anda bisa melakukan luluran seminggu sekali.

2. Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan bergerak. Olahraga dan gerak bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar. Aliran darah menjadi lancar, kalori dan lemak bisa di minimalisir, dan membuat kulit nampak segar. Lakukan olahraga minimal 2 kali seminggu baik pagi hari maupun sore hari. Pilih olahraga yang sesuai dan cocok untuk Anda.

3. Jangan lupa mandi minimal 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Mandi merupakan aktivitas penting untuk menjaga kebersihan tubuh (kulit), menyegarkan sel, saraf, dan organ tubuh, menghilangkan kotoran, dan menjadi media perawatan kulit secara alami. Gunakan sabun mandi dengan moisturizer agar kulit tetap lembut dan pHnya tetap terjaga.

4. Beri kesempatan tubuh untuk beristirahat dan tidur. Jangan abaikan kedua hal tersebut karena dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan tubuh.

Itulah berbagai cara alami merawat kulit. Yang penting dari berbagai tips dan cara tersebut adalah teratur dan rutin melakukannya. Jika jarang apalagi di kesampingkan maka dampaknya kulit menjadi kotor, kusam, dan kering. Anda dapat melakukan cara alami merawat kulit tersebut mulai saat ini.

CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 5:35 AM