Home » , , » Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam

Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam


Mempunyai wajah kusam memang dapat memperburuk penampilan. Sehingga bagi yang memiliki wajah kusam seringkali akan merasa minder atau tidak merasa percaya diri dalam bergaul atau tampil dihadapan banyak orang.

Pada dasarnya tubuh manusia itu sudah mempunyai mekanisme regenerasi terhadap kulit, dengan kata lain tubuh kita mampu mengembalikan kulit kusam kita menjadi segar dan indah kembali, biasanya proses tersebut berlangsung selama 18 hari. Namun seiring bertambahnya usia, maka kemampuan sel-sel kulit kitapun akan menurun. Sehingga lama kelamaan proses regenerasi pada kulit kita pun menjadi lebih lambat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam

Penyebab kulit kusam

  • Faktor genetik (keturunan)
Yang dimaksud dengan faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari kedua orangtuanya. Maksudnya jika ayah atau ibumu memiliki kulit yang kusam maka ada kemungkinan bahwa kamu sebagai anaknyapun akan memiliki jenis kulit wajah yang sama.
  • Pola hidup
Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan begitupun sebaliknya, pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan kita. Misalnya jarang berolahraga, mandi tidak teratur, tidur tidak teratur dll.
  • Pola makan 
Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung banyak lemak seperti junk food, gorengan, makanan yang mengandung banyak santan, dan kurangnya mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Faktor lingkungan
Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada dilingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu dapat menempel di kulit yang berminyak, sehingga pori-pori kulit kita akan tersumbat, wajah menjadi kusam, dan menyebabkan jerawat.
  • Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik
Wajah kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat, sehingga tidak cocok untuk kulit kita, dan akibatnya kulit kitapun menjadi kusam.
  • Tidur tidak teratur
Terlalu sering tidur terlalu larut malam atau begadang, juga akan menyebabkan kulit terlihat pucat dan kusam, karena darah menjadi berkurang, maka dari itu kurangilah tidur terlalu malam.
  • Kurang mengkonsumsi air putih
Kurang mengkonsumsi air putih dapat menjadikan kamu dehidrasi dan menyebabkan kulit menjadi kusam.


Nah, itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kulit menjadi kusam. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mengatasi kulit kusam:

  • Perbanyak minum air putih
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa air putih sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita termasuk dalam merawat kesehatan kulit. Air dapat mencegah dehidrasi dan menjaga kebersihan tubuh. Orang yang banyak mengkonsumsi air putih biasanya akan memiliki kulit wajah yang terlihat segar dan sehat. Maka dari itu usahakanlah untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Bersihkan tubuh secara teratur
Usahakan untuk mandi secara teratur, misalnya 3 kali sehari. Lebih sering maka lebih bagus lagi. Contohnya sebelum kita melaksanakan sholat (bagi yang muslim) kita bisa mandi terlebih dahulu. Jadi jika dalam 1 hari kita melaksanakan sholat 5 waktu, maka itu sama artinya dengan kita membersihkan tubuh kita dengan mandi sebanyak 5 kali sehari.
  • Pakai lotion pelembab
Pakailah lotion pelembab untuk membantu melembabkan kulit yang terlihat kusam. Berhati-hatilah dalam memilih produk lotion pelembab karena jenis kulit setiap orang berbeda-beda.
  • Kurangi tidur terlalu malam
Karena kurang tidur atau sering begadang adalah salah satu penyebab kulit terlihat kering dan kusam, maka hindarilah tidur terlalalu malam jika tidak ada hal yang terlalu penting. Normalnya waktu tidur kita adalah 7-8 jam.
  • Hindari stress
Stress juga merupakan salah satu penyebab mengapa kulit terlihat kusam. Maka dari itu hindari hal-hal yang dapat membuatmu menjadi stres. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Jangan terlalu sibuk bekerja, luangkan juga waktu untukmu refreshing.
  • Olahraga secara teratur
Luangkan waktu untuk olahraga misalnya setiap hari atau setiap 1 minggu sekali, karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat. Tidak harus melakukan olahraga yang berat tapi cukup hanya dengan melakukan gerakan pemanasan setiap kali bangun tidur, minimal hingga keluar keringat. Kamu juga bisa melakukan jogging atau lari kecil setiap 1 minggu sekali.
  • Jaga pola makan
Jagalah pola makanmu agar hidupmu menjadi sehat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung gizi, terlalu banyak mengandung lemak, dan juga santan. Konsumsi makanan yang tergolong dalam 4 sehat 5 sempurna.
  • Pakailah lotion pelembab setiap sebelum tidur
Saat ini kan ada banyak produk-produk perawatan kulit di malam hari, kamu bisa memilih lotion pelembab malam hari yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pada saat kamu tidur, mereka akan bekerja mempercantik kulitmu.
  • Dengan menggunakan putih telur
Pakailah masker wajah alami dari putih telur setiap sebelum kamu tidur. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu memisahkan antara putih dan kuning telur. Kemudian oleskan putih telur ke semua permukaan kulit wajahmu. Kemudian cuci kembali wajahmu setelah bangun keesokan harinya. Lakukan langkah ini secara teratur dan terus menerus, niscaya kulit wajahmu akan terlihat lebih segar dan terasa halus.
  • Dengan menggunakan es batu
Kamu juga dapat menggunakan es batu untuk menghaluskan wajah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengosok-gosokan es baru pada wajahmu. Agak aneh memang tapi jika dilakukan secara teratur kulit menjadi segar.


Itulah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi kulit wajah kusam. Lakukan semua tips diatas secara rutin dan teratur, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 11:41 PM