Home » , , , » Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami


Jenis kulit kering adalah jenis kulit yang terjadi karena kelenjar minyak yang tidak bisa memproduksi minyak untuk membantu menjaga kelemababan kulit. Kulit kering ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah kekurangan vitamin, kekurangan cairan dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor usia, genetik dan iklim. Iklim bisa mempengarungi kurangnya produksi minyak dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Cara mengatasi kulit kering dengan aman sangatlah mudah asal kita tahu caranya. Dari banyaknya penyebab lingkungan atau kesehatan yang bisa menimbulkan kulit kering, yang paling sering menjadi sumber masalah adalah penggunaan bahan kimia yang salah pada kulit. Ini bisa berarti bahan kosmetik yang sengaja digunakan dengan harapan mempercantik atau memelihara kulit, seperti krim pemutih, pengharum badan dan lain sebagainya atau bisa juga berarti kulit penderita yang terlalu sensitif untuk terkena bahan kimia tertentu, misalnya sabun deterjen atau sabun mandi biasa.
Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kulit kering secara alami.


Olahraga Teratur

Berolahraga selalu identik dengan berkeringat. Keringat yang keluar saat berolahraga akan membuat sel-sel kulit mati dan kotoran pada pori ikut keluar, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih. Usahakan untuk mandi sesaat setelah berolahraga setelah keringat mengering.


Konsumsi Air Mineral

Air adalah sumber bagi kehidupan, begitupun untuk kulit anda. Mengkonsumsi air dengan cukup dapat mencegah terjadinya kulit kusam. Konsumsi air mineral kurang lebih 2,5 liter atau 8 gelas perhari akan membuat tubuh anda menjadi lembut dan segar.


Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sangat manjur dan menjadi salah satu cara mengatasi kulit kering secara alami yang terbaik. Caranya yaitu iris bagian lidah buaya hingga menjadi irisan kecil-kecil, lalu oleskan gel lidah buaya tersebut pada area di sekitar wajah anda. Diamkan 15 menit dan bila dengan air bersih.


Asupan Lemak

Asupan lemak yang cukup sangat penting buat tubuh kita khususnya asam lemak omega, selain untuk menjaga kesehatan jantung serta otak, asam lemak omega juga mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa menjaga kelembaban kulit. Asam lemak omega bisa kita dapatkan dari makanan seperti ikan salmon, kenari, kelapa, buah alpukat dsb.


Madu

Mengembalikan kelembaban kulit yang kering juga bisa dilakukan dengan madu. Bahan alami yang satu ini pun ampuh mengatasi masalah bibir dan tumit yang kering pecah-pecah serta siku yang kasar.
Caranya hanya dengan mengoleskan madu ke bagian yang kering secara merata.


Vitamin E

Vitamin E sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban, kesegaran, menjaga elastisitas kulit dan mengencangkan kulit. Asupan vitamin E bisa anda dapatkan dari kacang almond dan kacang kacangan lainnya.


Minyak Zaitun

Dengan minyak zaitun, anda dapat memanfaatkannya untuk menjaga kelembaban kulit. Bahan alami ini sangat membantu dalam hal menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah. Selain itu juga mampu untuk melepaskan sel-sel kulit mati untuk memperbaharuinya dengan sel-sel yang baru.

Caranya yaitu siapkan minyak zaitun secukupnya, kemudian campurkan dengan sebutir kuning telur. Kocok dahulu hingga menjadi satu dan teteskan beberapa air jeruk lemon. Kini bahannya siap untuk dijadikan masker wajah anda. Diamkan beberapa menit sampai kering dan bilas memakai air dingin.


Vitamin A dan C

Vitamin A dan C bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah buahan segar seperti pepaya, mangga, apel, pisang, strawberry, kiwi dan yang pasti jeruk yang sudah identik dengan vitamin C.


Pelembab

Gunakan pelembab kulit sehabis mandi akan membatu melembabkan kulit anda dari kering dan kusam.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi kulit kering secara alami. Lakukan cara diatas secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 2:13 AM