Home » , , » Tips Untuk Mengatasi Kapalan Secara Alami

Tips Untuk Mengatasi Kapalan Secara Alami

Tips Untuk Mengatasi Kapalan Secara Alami
Kapalan (callus) merupakan sebuah respons kulit secara alami, yakni penumpukan atau penebalan sel-sel kulit mati pada kulit telapak kaki atau tangan sebagai akibat dari tekanan berlebih atau gesekan dengan benda keras yang berlangsung terus-menerus. Kapalan terjadi sebagai bentuk penyesuaian kulit terhadap keadaan.

Meskipun bukan tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, namun kapalan akan sangat mengganggu seseorang dalam penampilannya. Sebenarnya kapalan bisa dihindari dengan cara-cara tertentu.
Namun apabila anda sudah mengalami masalah kapalan, tentu saja harus diobati dengan segera
agar kulit dapat cepat kembali sehat seperti biasa.
Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kapalan secara alami.


Kulit Nanas

Nanas mengandung bromelain, sejenis enzim yang terdapat di dalam tumbuhan dan buah nanas yang melembutkan dan mengangkat sel-sel kulit mati.
Caranya pertama-tama rendam bagian yang kapalan selama 10-20 menit, setelah itu keringkan. Tempelkan bagain dalam kulit nanas pada bagian kulit yang mengalami kapalan.


Lemon

Selain penggunaan air perasan lemon untuk mengatasi kapalan secara alami, anda juga bisa menggunakan kulit lemon untuk
membantu menghilangkan kapalan yakni dengan menempelkan kulit lemon tersebut pada daerah
kapalan, agar dapat menempel Anda bisa menggunakan plester kulit sehingga kulit lemon bisa
menempel.


Bawang Putih dan Cuka

Bawang Putih dan Cuka juga bisa menjadi ramuan untuk mengatasi kapalan secara alami. Anda bisa
menggunakan campuran tersebut pada sebuah wadah, kemudian wadah tersebut bisa
ditempatkan pada tempat yang tersorot sinar matahari. Lalu pada waktu sebelum tidue Anda bisa
menggunakan cairan ini pada bagian kapalan anda. Sehingga kapalan anda dapat terkikis secara
perlahan-lahan.


Baking Soda

Baking Soda juga ternyata bisa membantu dalam mengatasi kapalan secara alami. Caranya cukup mudah yakni dengan menggunakan air hangat kemudian dicampur dengan baking soda dan rendam bagian yang kapalan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu untuk mengikis kulit yang kapalan anda bisa menggunakan batu apung.


Getah Kamboja

Getah kamboja sangat ampuh untuk mengobati kapalan, dan sudah dibuktikan oleh banyak orang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan meneteskan getah kamboja pada area kaki yang kapalan secara menyeluruh, lalu cuci kaki dengan air bersih. Cara ini bukanlah metode instan, sehingga anda harus melakukannya rutin dan berulang-ulang supaya kapalan bisa hilang selamanya.


Pepaya

Selain rasanya yang enak saat dimakan, pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi kapalan secara alami. Caranya adalah dengan menghaluskan satu buah pepaya mentah, lalu oleskan pada area kaki yang kapalan.
Cara ini akan memberi hasil maksimal jika anda melakukannya secara rutin minimal tiga kali sehari.


Kentang

Ternyata kentang juga tidak luput dari manfaatnya menghilangkan kapalan. Parut beberapa kentang lalu tempelkan pada bagian yang kapalan, tutupi dengan kain kassa lalu diamkan selama 2-3 jam.



Itulah beberapa tips untuk mengatasi kapalan secara alami. Lakukanlah cara diatas dengan rutin, agar kapalan benar-benar hilang.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 8:18 AM