Home » , » Cara Pengelupasan Kulit Secara Alami

Cara Pengelupasan Kulit Secara Alami

Cara Pengelupasan Kulit Secara Alami
Banyak pilihan perawatan yang bisa dilakukan untuk memiliki kulit yang sempurna. Mulai dari facial, masker, chemical peeling, sampai dengan exfoliating atau pengelupasan. Pengelupasan menjadi salah satu prosedur perawatan yang mampu menghasilkan tekstur kulit wajah yang halus, kenyal dan bersih. Fungsi dari pengelupasan adalah mengangkat sel kulit mati, merangsang produksi kolagen di kulit wajah.

Jika kulit Anda terlihat kusam dan tidak bersinar lagi itu merupakan tanda bahwa banyak sel kulit mati yang tidak terangkat atau mengelupas di wajah. Membersihkan sel kulit mati adalah dasar untuk membuat kulit sehat dan bercahaya. Pengelupasan atau eksfoliasi jika dilakukan dengan cara yang benar dapat membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan sehat.
Inilah beberapa cara pengelupasan kulit secara alami.


Garam laut

Jika Anda mencari scrub wajah yang benar-benar membantu membuka pori-pori Anda, pilih garam laut. Menggosok wajah dengan garam di pagi hari adalah salah satu prosedur pengelupasan kulit secara alami. Dengan menggunakan garam laut sebagai scrub, akan membantu mendetoksifikasi tubuh dengan merangsang sirkulasi darah melalui kapiler di dalam kulit.


Baking Soda

Baking soda dimanfaatkan untuk microdermabrasion, yang mengandung natrium bikarbonat. Namun, jumlah baking soda yang digunakan pada kulit harus benar-benar diperhitungkan. Jika berlebihan, bisa memicu iritasi kulit.


Madu

Menurut beberapa peneliti bahwa Madu memiliki kandungan antiseptik yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut karena madu memiliki formula anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus. Tak hanya itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi dan memperbaiki sel kulit mati. Madu juga dapat menjadi pelembab yang akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.


Yogurt

Makanan yang baik dikonsumsi saat diet ini mengandung asam laktat, yang berisi asam alfa hidroksil. Mencampur susu dan yoghurt sebagai masker exfoliant dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus menutrisi kulit dengan sangat baik. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengaplikasikan yoghurt hingga merata. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas sampai bersih. Pastikan Anda menggunakan yogurt plain atau tanpa rasa.


Gula pasir

Anda bisa gunakan gula pasir yang ada di rumah untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Caranya: siapkan satu sendok makan gula pasir, 2 sendok makan madu atau minyak zaitun, lalu campur kedua bahan tersebut. Setelah rata, oleskan di permukaan kulit wajah sembari pijat secara perlahan.


Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu exfoliant atau pengelupas lembut yang mudah ditemukan. Jika Anda memiliki kulit sensitif, solusi efektif untuk melakukan pengelupasan kulit secara alami. Haluskan oatmeal kemudian tambahkan air dan oleskan pada wajah Anda . Manfaat lain untuk oatmeal adalah dapat menyerap minyak, sehingga akan membantu secara alami membersihkan kulit Anda .


Teh Hijau

Teh hijau tak hanya sedap untuk diminum namun juga memiliki manfaat yang baik jika diaplikasikan langsung ke kulit, yakni dengan cara dijadikan scrub pengelupasan kulit secara alami. Makanya tak jarang beberapa kosmetik maupun produk perawatan kulit mengandung teh hijau.
Cara mudah untuk melakukan scrub dengan teh hijau adalah dengan membuka bungkusan, menyeduhnya dalam cangkir dan mengambil bubuk teh.  Gosokkan perlahan di wajah. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.


Kopi

Kafein dikenal dapat mengurangi bengkak di sekitar mata dan dapat dijadikan bahan sebagai pengelupasan kulit secara alami. Anda dapat menggunakan bubuk kopi segar atau kopi yang sudah diseduh. Caranya campur kopi dengan menambahkan sedikit minyak esensial favorit Anda  lalu gosokkan pada kulitmu, dan dapatkan kulit halus lembut dan bebas selulit.


Kacang Almond

Bubuk almond mengandung nutrisi yang bebas kimia, yang dapat mengangkat sel kulit mati secara alami. Bila ditambahkan ke sedikit air, bubuk almond akan mengelupaskan kulit.


Itulah cara-cara pengelupasan kulit secara alami. Jika Anda menginginkan kulit bersih dan sehat, lakukan cara-cara diatas.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 4:15 AM