Home » , , , » Kesalahan Cara Merawat Kulit Wajah

Kesalahan Cara Merawat Kulit Wajah

Kesalahan Cara Merawat Kulit Wajah
Merawat kulit wajah adalah kewajiban bagi setiap wanita. Kulit yang terawat akan menjadikan mereka lebih percaya diri.  Wanita sering kali terlalu percaya pada kosmetik dan menggunakan bahan kimia yang nyatanya mampu membuat pertumbuhan usia terlihat lebih cepat. Menutupi wajah dengan make up yang tebal merupakan salah satu kesalahan perawatan kulit yang sering dilakukan oleh sebagian besar wanita.

Tidak sedikit pula wanita yang salah dalam perawatan kulit wajah mereka. Mengetahui kesalahan cara merawat kulit wajah sangatlah penting. Artikel ini akan memberikan beberapa kesalahan wanita dalam merawat kulit wajah.


Eksperimen Wajah

Jangan pernah menjadikan wajah Anda sebagai bahan percobaan untuk berbagai produk kecantikan. Jika Anda menggunakan suatu produk, fokuslah pada produk tersebut dan jangan mudah berganti-ganti merek.


Menggunakan Sunscreen

Kita tampaknya sering melihat atau menerapkan tabir surya ketika kita pergi ke pantai atau mungkin pada hari yang sangat cerah, tapi tabir surya penting juga diterapkan di waktu lain. Anda harus menggunakan tabir surya setiap kali Anda pergi keluar dari rumah, karena radiasi ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda setiap kali Anda meninggalkan rumah Anda, bahkan ketika Anda berada di mobil Anda. Sinar matahari menembus jauh ke dalam kulit sehingga merusak DNA, merusak kolagen dan mengurangi lapisan luar nutrisi penting seperti vitamin A. Sinar matahari bisa menempatkan Anda pada risiko mengembangkan kanker kulit.


Jarang Membersihkan Make Up

Sebagian besar dari Anda pasti pernah jatuh tertidur dengan masih mengenakan make up. Tahukah Anda bahwa tidak menghapus make up satu malam saja dapat menyumbat pori-pori dan merusak kulit selama berminggu-minggu. Sebab pori yang tersumbat akan menghambat produksi sebum yang bertugas untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit Anda.


Sering Melakukan Pengelupasan Kulit

Terlalu sering melakukan pengelupasan kulit bisa membuat kulit semakin tipis dan tampak lebih tua. Selain itu, pengelupasan kulit yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi kendur dan tidak segar.


Sering Menyentuh Wajah 

Terlalu sering menyentuh wajah terutama untuk menyentuh jerawat mampu membuat wajah Anda mengalami iritasi atau infeksi. Sebab tangan Anda sendiri pun juga kotor atau tidak bebas dari kuman.


Mencuci Wajah Dengan Sabun

Sabun memiliki keseimbangan pH tinggi yang dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Sehingga tidak hanya sel kulit mati saja yang diangkat namun juga kelembaban di dalam kulit. Untuk itulah gunakan sabun muka yang bertekstur ringan dan tidak terlalu berbusa.


Menggunakan Krim Anti-Penuaan 

Jangan menggunakan krim anti-penuaan sebelum kulit Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan. Jika Anda menggunakan bahan-bahan anti-penuaan sebelum kulit Anda membutuhkan maka akan berefek merugikan.


Tidak Membilas Wajah

Jangan lupakan untuk membilas wajah dengan air dingin terutama pada saat musim panas. Membilas wajah mampu menghapus kotoran pada wajah dan membuatnya tampak lebih bersih.


Menggunakan Masker Wajah Yang Keliru

Seperti pelembab, pilihlah masker wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Misalnya, untuk kulit berminyak, kulit berjerawat, asam salisilat akan menyebabkan kulit normal-kering mengelupas. Jika kulit Anda membutuhkan kelembaban, pilihlah yang mengandung asam hialuronat atau vitamin E. Ada beberapa referensi masker alami yang aman dan bisa anda gunakan seperti masker buah, masker ganggang spirulina, masker putih telur, masker madu, dll


Terlalu Sering Ganti Produk Perawatan Kulit

Penggunaan produk perawatan kulit seperti pembersih secara berlebihan tidak hanya mampu menghilangkan kotoran di wajah namun juga minyak alami kulit. Sehingga gunakan dengan jumlah normal.


Penggunaan Kuas Untuk Wajah

Setiap kali menggunakan kuas make up, pastikan selalu dalam kondisi yang bersih. Kotoran pada kuas hanya akan membuat kulit menjadi rusak. Cobalah untuk menjaga sikat make up tetap dalam kondisi bersih, karena kuas make up bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Dan Berhati-hatilah terhadap kuas murahan yang beredar banyak di pasaran, kebanyakan pembuatan bulu kuas yang murahan belum tentu secara higenis dan halal. Lebih aman dan baik untuk perawatan wajah dengan menggunakan jari tangan yang bersih.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 8:25 AM