Home » , , » Faktor Penyebab Kulit Berminyak

Faktor Penyebab Kulit Berminyak

Faktor Penyebab Kulit Berminyak
Wajah berminyak merupakan jenis wajah yang sangat di benci oleh banyak kalangan khususnya kaum hawa. Karena kulit berminyak akan membuat wajah kita menjadi tidak enak di pandang. Selain itu juga masalah-masalah kulit mudah muncul dan timbul di wajah berminyak. Namun kulit yang berminyak juga berfungsi baik sebagai pelindung kulit dari bahaya luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit sebagai cairan yang mampu menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit menjadi kenyal.


Jika anda memiliki wajah yang berminyak berlebihan, wajah anda akan terlihat lebih kusam. Karena minyak di wajah akan sangat mudah ditempeli oleh debu maupun kotoran yang ada di udara sekitar kita. Dan jika kotoran ini terus menumpuk di wajah, maka akan menimbulkan jerawat dan komedo. Biasanya wajah berminyak akan muncul ketika seseorang menginjak umur dewasa atau saat masa pubertas.
Artikel ini akan memberikan beberapa faktor penyebab kulit berminyak.


Faktor Keturunan

Gen atau keturunan dapat menjadi faktor utama penyebab kulit berminyak, karena faktor gen merupakan keturunan dari orang tua. Biasanya faktor gen tidak bisa di obati, namun dapat di kurangi. Setiap anak pasti akan memiliki gen keturunan dari orang tua seperti juga masalah wajah berminyak. Jika orang tua memiliki jenis wajah yang berminyak, anaknya juga dapat mempunyai wajah berminyak juga.


Salah Pilih Kosmetik

Sebagian besar cewek menginjak remaja sudah mulai berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Dan itu tidak di permasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik.


Pola Hidup

Pola hidup kita sehari hari dapat menjadi penyebab kulit berminyak kita. Kondisi fisik tubuh kita dapat terpengaruh dengan pola hidup kita sendiri. Jika pola hidup kita sehat, kondisi fisik tubuh kita juga sehat. Begitu juga sebaliknya.
Tak terkecuali masalah kulit, kulit berminyak anda juga dapat terjadi karena pola hidup anda yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol, kurang olahraga dan juga konsumsi obat-obatan.


Siklus Hormon

Biasanya terjadi pada wanita seringkali juga bisa menjadi penyebab kulit berminyak. Hal ini terjadi karena hormon yang diproduksi selama menstruasi semakin meningkat sehingga wajah menjadi cenderung lebih banyak memproduksi minyak secara berlebihan.


Cuaca

Cuaca sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap aktivitas kelenjar keringat. Tapi di cuaca yang panas dan lembab, kulit jadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman ketimbang cuaca dingin. Agar kulit tampak matte dan make-up bertahan lama di cuaca panas, gunakan primer atau dasar make-up dengan formula mattyfing yang membantu menyerap minyak.


Pola Makan yang Salah

Minyak berlebih di wajah juga dapat terjadi karena pola makan anda yang salah. Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, bersantan dan juga terdapat kandungan minyak maka kulit wajah anda juga akan cenderung lebih berminyak. Apalagi jika anda kekurangan asupan nutrisi dan vitamin, ini akan memperbanyak minyak yang keluar di wajah anda.


Itulah beberapa faktor penyebab kulit berminyak.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 7:05 AM