Home » , , , , , , » Tips Mengatasi Iritasi Akibat Produk Kosmetik

Tips Mengatasi Iritasi Akibat Produk Kosmetik

Tips Mengatasi Iritasi Akibat Produk Kosmetik
Kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling sensitif. Apalagi bagi Anda yang memang memiliki jenis kulit yang sensitif, salah dalam perawatan saja, biasanya bisa menimbulkan masalah seperti iritasi kulit, jerawat, gatal-gatal, kulit kemerahan, ruam, luka, dan lain sebagainya. Namun, masalah yang paling sering muncul adalah iritasi kulit.
Iritasi ini biasanya muncul dengan ditandai adanya penipisan kulit, luka pada lapisan luar kulit, rasa perih yang cukup mengganggu, serta kemerahan pada area kulit tertentu.
Selain dapat mengganggu penampilan, iritasi kulit juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga harus segera ditangani secara cepat dan benar.

Hampir semua bahan pembuatan kosmetik terbuat dari bahan kimia, bahkan ada juga kosmetik yang tidak memiliki ijin karena mengandung bahan berbahaya seperti merkuri beredar bebas. Maka, tidak heran jika seseorang mengalami iritasi karena penggunaan kosmetik.
Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi iritasi wajah akibat produk kosmetik.


Hentikan Pemakaian Produk Kosmetik

Hentikan pemakaian produk kosmetik untuk sementara hingga iritasi pada kulit wajah anda sembuh total. Bila anda sudah menghentikan pemakaian produk kosmetik dan iritasi pada kulit anda sudah sembuh, berarti anda harus menghentikan untuk selamanya. Kemungkinan besar produk kecantikan tersebut tidak cocok dengan kulit anda atau bahkan mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan kulit.


Konsumsi Air Mineral

Perbanyak mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas perhari untuk menetralisir racun dalam tubuh anda. Air mineral sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan tubuh. Jadi anda harus mengkonsumsi air mineral jika anda menginginkan iritasi pada wajah anda sembuh dan memiliki kulit yang sehat.


Menjaga Kebersihan Kulit

Selain rajin mencuci muka, anda juga tidak boleh sembarangan menggunakan handuk atau kain untuk mengeringkan wajah. Pilihlah handuk khusus untuk diri anda dengan berbahan halus dan lembut. Hindari wajah anda dari debu, asap, terik sinar matahari yang bisa merusak kesehatan kulit anda.


Asupan Vitamin E dan Vitamin C

Vitamin E sangat baik untuk kulit. Vitamin E bisa mencerahkan dan melembabkan kulit anda. Makanan yang mengandung vitamin E bisa anda dapatkan dari almond, kacang-kacangan dan lain sebagainya.
Vitamin C mampu mendetoksifikasi berbagai racun dalam tubuh. Selain itu, khasiatnya bisa sebagai anti oksidan serta mampu meningkatkan kolagen dan pembentukan jaringan kulit baru. Vitamin C terdapat pada buah jeruk, anggur dan lain sebagainya.


Gunakan Masker Alami

Masker alami bisa anda dapatkan dari buah-buahan, tumbuh-tumbuhan dan bahan alami yang bermanfaat untuk kulit anda. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut.

1. Madu

Madu dapat berperan sama baiknya dengan minyak zaitun, karena berguna sebagai moisturizer dan anti inflamasi, namun madu biasanya terasa lebih lengket di kulit. Gunakan dengan mentimun untuk memberikan sensasi dingin, mengurangi rasa perih, dan mempercepat penyembuhan luka iritasi.


2. Mentimun

Masker mentimun berguna untuk memberikan sensasi dingin pada kulit, sehingga mengurangi rasa perih yang timbul saat terjadi iritasi. Campurkan sedikit madu untuk membantu mempercepat penyembuhan iritasi. Penggunaan masker mentimun ini selain untuk mendinginkan kulit juga dapat digunakan untuk menambah mineral dan nutrisi yang dibutuhkan kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat.


3. Bengkoang

Masker bengkoang juga dapat menjadi alternatif untuk membantu mengurangi rasa perih saat terjadinya iritasi pada kulit. Saat penggunaan masker bengkoang biasanya kulit akan terasa dingin, dan rasa perih pun hilang. Vitamin C yang banyak terdapat pada bengkoang juga dapat membantu proses penyembuhan luka iritasi, dan dapat membuat kulit lebih putih secara alami. Untuk meningkatkan khasiat dari masker bengkoang, dapat dicampurkan dengan minyak zaitun, karena dapat berperan sebagai obat peradangan dan moisturizer alami kulit.


4. Minyak Zaitun

Minyak ini juga sangat bagus dalam meredakan peradangan akibat alergi make up / kosmetik. Berfungsi sebagai anti radang dan pemberi nutrisi pada kulit. Minyak zaitun juga berguna sebagai pelembab alami, hanya saja hasilnya lebih lama jika menggunakan jus lidah buaya.


5. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu cara efektif menghilangkan iritasi dan alergi gatal pada kulit yang merah akibat produk kosmetik. Lidah buaya mempunyai sifat mendinginkan, melembabkan, dan menyembuhkan kulit. Kandungan vitamin E nya yang tinggi sangat baik untuk meredakan iritasi kulit. Buatlah masker lidah buaya, tempelkan pada bagian kulit yang meradang, biarkan paling tidak sekitar lima belas menit atau sampai kulit menjadi terasa dingin.


6. Kantung Teh

Kantung teh juga berguna untuk mengobati dan nyembuhkan alergi karena produk kosmetik. Setelah menyeduh teh, gunakan kantung teh dengan menempelkannya pada wajah yang terkena iritasi. Kemudian usaplah dengan perlahan sembari memijat wajah. Biarkan selama lima belas menit supaya gatal menjadi hilang dan reda. Lakukan secara rutin tiap malam untuk hasil yang maksimal.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi iritasi pada wajah akibat produk kosmetik. Jika anda mengalami iritasi karena produk kosmetik, lakukanlah cara-cara diatas untuk mengatasi iritasi pada wajah anda. Lakukan cara diatas secara rutin hingga iritasi tersebut sembuh.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 12:22 AM