Home » , , , » Penyebab Dan Cara Mengatasi Varises

Penyebab Dan Cara Mengatasi Varises

Penyebab Dan Cara Mengatasi Varises
Varises merupakan penyakit pada kulit yang menyerang area kaki, terutama pangkal paha dan betis. Dalam istilah medis varises dikenal sebagai pembuluh darah balik atau vena yang merupakan alat dalam tubuh untuk untuk mengembalikan darah sisa olah metabolisme yang berasal dari seluruh jaringan dalam tubuh menuju ke jantung kembali. Varises disebabkan membesarnya pembuluh balik di kaki akibat berdiri terlalu lama atau bertambahnya berat badan. Biasanya terjadi pada wanita hamil, karena pembuluh darah balik pada gelang panggul yang menampung darah dari kaki tertekan oleh janin. Varises tidak dapat disembuhkan. Suatu metode sederhana untuk membantu meringankan dan mencegah varises adalah dengan memanfaatkan gravitasi dengan meninggikin posisi kaki.

Bagi kebanyakan penderitanya, varises mungkin merupakan gangguan ringan yang hanya mengganggu secara fisik, varises juga bisa menyebabkan rasa sakit didaerah yang terkena varises. Varises dapat menyebabkan sakit berdenyut, nyeri, kram dan pergelangan kaki bisa bengkak terutama saat cuaca panas, saat menstruasi dan terlalu lama berdiri.
Artikel ini akan memberikan beberapa informasi tentang penyebab dan cara mengatasi Varises.


Penyebab Varises Pada Kaki Dan Tangan

1. Usia

Saat usia kita semakin tua maka kemampuan katup pembuluh vena untuk membuka dan meutup akan berkurang elastisitasnya. Oleh karena itu, darah yang seharusnya mengalir menuju jantung akan kembali mengalir ke seluruh tubuh dan akan muncul benjolan-benjolan urat pembuluh balik di sekitar pangkal paha.

2. Kehamilan

Ketika memasuki fase kehamilan, akan terjadi peningkatan volume darah, dimana juga aliran darah dari kaki menuju pinggul menjadi berkurang. Sirkulasi yang mengalami perubahan ini baik bagi pertumbuhan janin, tetapi sayangnya kondisi seperti ini juga mempunyai efek samping tersendiri yakni pembuluh darah akan membesar pada bagian kaki. Perubahan hormon selama kehamilan ini akan berperan baik dalam hal pemulihan varises. Tetapi butuh waktu yang tidak sebentar, biasanya akan memakan waktu kurang lebih selama 3 bulan.


Untuk mengatasi varises anda bisa melakukan beberapa cara alami seperti dibawah ini

  • Olahraga

Rutin berolahraga dapat mengurangi risiko terkena varises. Anda hanya disarankan untuk berjalan kaki atau lari saat sore dan/atau pagi hari selama beberapa menit saja. Lakukan hal tersebut dengan rutin. Olahraga tersebut disarankan agar sirkulasi darah pada bagian kaki menjadi lancar.


  • Tidak Terlalu Sering Menggunakan Heels

Wanita biasanya sangat suka menggunakan heels. Padahal menggunakan heels terlalu sering sangatlah tidak disarankan. Hal tersebut karena saat Anda menggunakan heels, itu artinya posisi tumit dan tidak sejajar dan hal ini tidak akan memaksimalkan sistem kerja fungsi otot yang ada pada betis. Oleh karena itu, jika tidak ingin terkena varises, hindarilah penggunaan heels.


  • Kurangi Waktu Duduk dan Berdiri

Biasanya duduk terlalu lama memicu terjadinya ambeien, tetapi siapa sangka kalau duduk juga berpotensi menimbulkan varises. Saat posisi tubuh terlalu lama dan banyak duduk ataupun berdiri, kaki akan menopang beban tubuh bagian atas. Untuk itu, apabila Anda telah duduk lama, selingi dengan aktivitas berdiri setidaknya 30 menit.


  • Tinggikan Kaki

Angkatlah kaki ketika santai selama beberapa saat guna mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan mencegah terjadinya hambatan sirkulasi darah. Perhatikan juga Anda sedang dimana, jangan mengangkat kaki saat di kantor meski tidak ada atasan, sebab hal tersebut membuat nilai kesopanan Anda terkikis.


  • Kontrol Berat Badan dan Asupan Makanan

Kegendutan ataupun obesitas dapat memberi kesempatan pada varises untuk hadir dalam tubuh Anda. Maka dari itu, selalu kontrol berat badan agar masalah ini tidak menghantui Anda. Selain itu, asupan makanan juga perlu diperhatikan, misalnya menjalani diet rendah garam untuk mencegah terjadinya pembengkakan sebagai akibat dari retensi cairan.


  • Asupan Vitamin C

Cara mengatasi varises dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C yang bisa membantu dalam menguatkan pembuluh darah dan juga membantu mempertahankan terjadinya kerusakan membran pada vena. Kurangnya asupan makanan yang mengandung Vitamin C juga merupakan salah satu penyebab terjadi pembuluh darah yang rapuh, sehingga anda harus mulai menambahkan asupan vitamin C dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti sayur brokoli, paprika atau jenis suplemen vitamin C.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 3:11 PM