Home » , , » Cara Mengobati Panu Secara Alami

Cara Mengobati Panu Secara Alami

Cara Mengobati Panu Secara Alami
Panu atau Tine Versicolor merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Penyakit panu sering muncul tanpa disadari oleh kita apalagi bila terletak disekitar punggung. Gejala yang sering timbul yaitu rasa gatal ketika berkeringat dan warna sebagian kulit berubah menjadi putih, coklat bahkan merah tergantung dari pigmen si penderita. Pada bagian kulit yang terserang panu biasanya terdapat sisik halus yang menutupinya.


Bagi anda yang suka memperhatikan penampilan, penyakit ini mungkin akan menjadi musuh utama yang harus segera dihilangkan.
Panu akan merusak penampilan karena kulit akan timbul bercak-bercak berwarna putih, kadang juga berwarna coklat maupun merah. Rasanya sangat gatal apalagi jika sedang berkeringat. Penyakit panu bisa menular dari satu orang ke orang lain.
Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengobati panu secara alami dan cara pencegahannya .



Bawang Putih

Bawang putih selain dapat menambah rasa pada makanan, juga dapat digunakan untuk mengobati panu secara alami. Cara menggunakannya pun mudah, ambil 1-2 butir bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian, gosok-gosokkan pada bagian yang terdapat panu. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari hingga jamur penyebab panu mengelupas .


Daun Pare

Pare merupakan tanaman yang sering digunakan untuk campuran sayur dan rasanya pahit. Untuk mengobati panu bisa menggunakan daun pare. Caranya yaitu tumbuk secara halus beberapa daun pare kemudian campur dengan kapur sirih. Setelah itu gunakan untuk mengoleskan bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan rutin setiap pagi dan malam ketika akan beranjak tidur.


Lengkuas

Lengkuas termasuk salah satu bumbu penyedap makanan. Ambillah lengkuas yang masih segar agar mengandung banyak air. Kemudian potong-potong dan oleskan belahan lengkuas tadi pada bagian yang terdapat panu. Lakukan secara rutin sehabis mandi. Dengan cara ini maka panu akan berangsur-angsur hilang.


Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk pengobatan secara alami maupun untuk perawatan kecantikan. Selain itu jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati panu secara alami. Caranya, siapkan satu buah jeruk nipis kemudian potong menjadi 2 bagian. Siapkan juga belerang yang sudah ditumbuk secara halus. Ambil potongan jeruk nipis kemudian oleskan pada belerang dan oleskan pada kulit yang diserang penyakit panu. Lakukan ini secara rutin hingga panu berangsur-angsur hilang .


Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Kombinasi campuran belimbing wuluh bersama kapur sirih akan menjadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengobati panu secara alami.
Cara Penggunaan dengan menumbuk halus belimbing wuluh dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya lalu oleskan pada bagian panu secara merata sampai mengering dan bilas dengan air bersih .


Inilah beberapa tips untuk mencegah penyakit panu
1. Mandi secara teratur, minimal 3 kali satu hari
2. Jagalah kebersihan pakaian
3. Gunakan pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat
4. Gunakan handuk yang bersih, handuk yang dapat menyerap keringat .
5. Jangan sekali-sekali menggunakan handuk atau pakaian orang lain
6. Jangan terlalu lama ber aktivitas dibawah sinar matahari

Itulah beberapa tips untuk mengobati panu secara alami dan beberapa cara untuk mencegah penyakit panu. Jika anda memiliki penyakit panu, cobalah beberapa cara diatas secara rutin.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 2:43 AM