Home » , » 10 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Pria

10 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Pria



Setiap orang pasti tidak ingin mengalami penuaan dini, semua orang ingin terlihat awet muda. Banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang. 

Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam, terutama di bagian wajah. Masalah penuaan dini tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga bisa terjadi pada pria.

10 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Pria

Sama seperti wanita, pria juga bisa mencegah penuaan dini. Inilah 10 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Pria, yang bisa dilakukan pria untuk mencegah penuaan dini yang datang lebih cepat:

1. Berhenti merokok

Meski merokok sering dianggap tanda kejantanan seorang pria, namun kebiasaan ini bisa membuat tua kondisi tubuh dari usia kamu yang sebenarnya. Ini menyebabkan keriput dan kulit kering datang lebih cepat. 

2. Mencukur dengan benar

Terlalu rajin mencukur jenggot atau bagian rambut lainnya membuat kulit menjadi kasar, rentan terhadap kekeringan, dan usia prematur. Berikut tips alami agar mencukur bisa mencegah penuaan dini, yaitu menggunakan pelembab setelah bercukur, mencukur dengan air hangat, dan gunakan lotion setelah bercukur. 

3. Minum jus anggur

Jus anggur adalah minuman segar yang mengandung antioksidan, yang meningkatkan elastisitas kulit dan tetap terlihat muda dan alami.

4. Stop alkohol

Berhentilah minum alkohol, karena alkohol bisa memperluas pembuluh darah tubuh lebih dari yang diperlukan, dan menyebabkan kulit menggelambir serta kerutan muncul.

5. Latihan fisik 

Penuaan tidak hanya terlihat di kulit wajah. Otot kendur merupakan tanda penuaan normal. Jadi untuk mencegah kendur, kamu bisa latihan otot dengan berolahraga untuk menjaga kesehatan dan elastisitas. 

6. Pembersih alami
Susu bisa menjaga kulit bersih dan bebas dari pori-pori tersumbat. Caranya yaitu dengan membersihkan kulit dengan menggunakan susu dua kali sehari. 

7. Makan sayuran hijau

Perbaiki pola makan dengan memasukkan sayuran hijau ke dalam menu harianmu. Sayuran seperti bayam atau kacang bisa mencegah kerutan dan penuaan pada kulit.

 8. Hindari sinar matahari

Hindari paparan matahari langsung. Selalu gunakan tabir surya saat akan keluar untuk mencegah sinar matahari merusak kulit dan menyebabkan keriput dan garis-garis halus penuaan.

 9. Minum air putih

Minum minimal dua liter air setiap hari sangat penting untuk pria. Ini membuat kulit terhidrasi dan sehat, serta melindunginya dari tanda-tanda penuaan.

 10. Pijat teratur

Proses penuaan akan diperlambat oleh peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. Untuk mencegah proses penuaan dini adalah dengan pijat kepala dan tubuh secara teratur.

Nah, itu tadi 10 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Pria. Ikuti tips diatas agar kulitmu terhindar dari penuaan dini. Pertahankan pola hidup sehat, selalu berolah raga, dan selalu berpikir positif. Selamat mencoba!

CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 6:45 PM