Home » , » 6 Bahaya Memencet Jerawat

6 Bahaya Memencet Jerawat

6 Bahaya Memencet Jerawat
Jerawat merupakan dimana didalam pori-pori kulit yang tersumbat menyebabkan terbentuknya kantung yang berisi kantung nanah yang infeksi atau meradang.  Banyak orang yang punya kebiasaan memencet jerawat karena beranggapan itu akan mempercepat penyembuhan. memencet jerawat dapat menimbulkan jaringan parut.
Jika Anda berjerawat, jauhkan tangan dari wajah karena minyak dan kotoran di tangan bisa membuat jerawat lebih buruk. Selain jaringan parut, memencet jerawat juga bisa menyebabkan iritasi kulit, perdarahan, infeksi dan meninggalkan bekas luka. Membiarkan jerawat pecah sendiri atau hilang sendiri itu lebih baik dari pada memencet.
Artikel ini akan memberikan informasi bahaya memencet jerawat.


Iritasi

Memencet dan meremas hanya akan memperparah jerawat. Bahkan, jika pun ada perbaikan maka sifatnya hanya sementara. Segera setelah dipencet jerawat akan muncul kembali, sering dengan kemerahan atau iritasi. Bahkan jika Anda pencet jerawat dan tampak kurang jelas, iritasi dan meradang meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.
Memencet jerawat biasanya akan memicu munculnya infeksi lebih parah pada jaringan di sekitarnya. Akibatnya, hal itu dapat menimbulkan infeksi yang lebih serius sehingga membutuhkan perawatan dokter.


Memicu Jerawat Batu

Jika kamu menekan jerawat, beberapa bakteri dapat terdorong lebih jauh di bawah kulit. Kemudian menciptakan area terbuka bagi kuman untuk masuk, dan dapat membuat jerawat lebih buruk, atau bahkan membuat jerawat baru muncul dengan lebih cepat.


Menimbulkan Noda Bekas Jerawat 

Selain memicu tumbuhnya jerawat baru, menekan jerawat juga akan meninggalkan luka terbuka. Sebab, luka seperti itu biasanya sulit dihapus dan menimbulkan noda yang bisa membuat kamu kurang percaya diri. Melukai jaringan sekitar yang pori-pori tersumbat dapat merusak kulit secara permanen dan meninggalkan bekas luka. Hal ini terutama berlaku pada lesi jerawat yang bermasalah, seperti papula, pustula, nodul dan kista, yang semuanya bisa sangat menyakitkan.


Perdarahan

Memencet atau menggaruk permukaan jerawat dapat menyebabkan perdarahan. Ketika jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan meninggalkan bakteri pada kulit. Sel-sel darah putih kemudian akan memerangi bakteri yang menyerang, pori-pori akan kembali tersumbat namun meradang. Dengan munculnya pembengkakan dan darah kering, jerawat muncul mungkin bahkan lebih terlihat daripada sebelumnya.


Infeksi

Memencet jerawat membuat bakteri masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat, membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang.


Kematian

Mungkin bahaya yang satu ini mungkin tak masuk akal banget sih? Kok cuma gara-gara memencet jerawat saja bisa menyebabkan pada kematian. Hal ini dikarenakan adanya area wajah kita yang sudah seharusnya jerawat tersebut di biarkan saja, soalnya area yang satu ini terkadang biasanya disebut juga sebagai "Segitiga Kematian". Karena area tersebut ini telah terdapat saraf-saraf yang sangat penting, jika anda terkena saat memencet jerawat tersebut maka resiko yang akan diterima anda ya seperti ini bisa berujung pada kematian.


Itulah 6 Bahaya Memencet Jerawat. Jika anda mempunyai jerawat, lebih baik didiamkan hingga pecah dengan sendirinya daripada anda harus mengalami masalah-masalah lainnya yang lebih parah bahkan bisa menyebabkan kematian.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 8:47 AM