Home » , , » 6 Efek Samping Suntik Putih

6 Efek Samping Suntik Putih

Kulit putih mulus adalah dambaan bagi sebagian besar wanita Indonesia. Produk-produk pemutih kulit banyak sekali beredar di pasaran dengan bebas dan tidak jarang di antaranya tidak dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Setiap metode kecantikan yang bersifat instan biasanya memang akan memiliki efek samping. Salah satunya adalah suntik putih.
Efek samping suntik putih biasanya akan terjadi akibat pemberian vitamin C dengan dosis tinggi. Dosis vitamin C yang tinggi bisa mengurangi kadar tembaga cuprum di dalam tubuh sehingga bisa mengurangi pembentukan melanin yang membahayakan organ tubuh lainnya, seperti penyakit ginjal.

Penyakit ginjal sendiri merupakan salah satu bahaya dari suntik putih yang umum ditemui. Bahan Kimia yang terkandung dalam suntikan pemutih juga harus dibatasi misalnya hidroquinon yang hanya boleh berkadar 2%. Bila lebih dari 2% pastinya akan mengakibatkan iritasi pada kulit dan kerusakan melanin. Melanin berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi kulit dari paparan sinar matahari.
Berikut ini beberapa efek samping suntik putih untuk kesehatan tubuh.


Memicu Diare

Bagi sebagian orang yang menyuntikan suntik putih bisa saja memicu timbulnya penyakit diare akibat terlalu banyak menyuntikan Vitamin C. Perut belum tentu dapat merespon dengan baik apa lagi yang memang sensitif terhadap Vitamin C yang berlebihan.


Mempengaruhi Fungsi Ginjal

Suntik putih sebenarnya tidak mengganggu fungsi ginjal pada mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit ginjal. Namun sebaliknya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal suntik putih memiliki efek negatif di mana dapat membuat ginjal tidak berfungsi dengan baik dan memicu kambuhnya batu ginjal akibat Vitamin C yang menjadi kristal – kristal. Untuk jangka panjang, anda yang melakukan suntik putih memiliki kemungkinan besar mengalami kerusakan ginjal.


Menyerap Zat Nutrisi Lain

Suntikan Vitamin C yang berlebih dapat menyerap nutrisi lain dalam tubuh anda. Khususnya zat selenium dan copper yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga pastikan jumlah Vitamin C yang disuntikan cocok dengan kondisi tubuh anda.


Ketergantungan

Tidak semua yang menjalani suntik putih dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Suntik putih memang membuat ketergantungan. Karena tidak maksimal itulah sehingga membuat ketergantungan dan terus ingin diberi asupan Vitamin C agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.


Bisa Menyebabkan Kulit Belang

Jika hasil tidak maksimal dan gagal, suntik putih akan menyebabkan kulit anda belang. Jadi jika anda tidak ingin mengalami kerusakan kulit yang akan berdampak kronis, sehingga bukannya membuat cantik melainkan menambah rusak.


Merusak Kulit 

Efek samping suntik putih akan mempengaruhi pembentukan melanin yang tidak sempurna dan akan sangat mempengaruhi kulit anda.


Itulah beberapa efek samping suntik putih. Sebaiknya sebelum anda melakukan suntik putih, anda harus konsultasi dengan dokter kulit anda.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 10:01 AM