Home » , » Tips Kulit Sehat Saat Bulan Puasa

Tips Kulit Sehat Saat Bulan Puasa

Tips Kulit Sehat Saat Bulan Puasa
Bagi setiap wanita, memiliki kulit cantik, sehat dan terawat tentu menjadi prioritas utama. Dan untuk dapatkan kecantikan kulit yang maksimal, menutrisi kulit dari dalam maupun dari luar juga sangat perlu dilakukan. Tapi, saat puasa Ramadan tiba, tidak sedikit orang harus kehilangan kecantikan kulitnya yang maksimal karena nutrisi untuk kulit ini sangat jarang diperhatikan.


Ketika bulan puasa kulit ada kemungkinan menjadi kusam. Ini diakibatkan karena anda menahan lapar dan dahaga selama sehari, anda kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput.
Inilah beberapa tips kulit sehat saat bulan puasa.


Sayuran dan Buah-buahan

Banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kulit dari partikel bebas yang berbahaya serta mengurangi kusam dan keriput.


Susu Rendah Lemak

Susu adalah salah satu bahan pangan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium inilah yang akan menutrisi tubuh terutama kulit dengan baik. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit berjerawat, alangkah baiknya jika Anda mengatasinya dengan konsumsi rendah lemak saat berbuka serta sahur. Namun, beberapa ahli gizi menemukan bahwa tidak semua jenis kulit akan sembuh dari jerawat ketika ia konsumsi susu. Beberapa jenis kulit bahkan dikatakan bisa meradang jika konsumsi susu berlebihan.

Menggunakan Sabun Pelembab

Ketika berpuasa, kulit cenderung kering karena berkurangnya cairan. Terlebih di saat siang hari karena sinar matahari. Sinar matahari memiliki sinar ultraviolet dan partikel bebas penyebab kulit kusam. Makanya, gunakanlah pelindung kulit dan kepala untuk melindungi kulit dari sengatan terik matahari yang mengganggu kulit.
Solusinya adalah menggunakan sabun yang mengandung ¼ moisturizer untuk mengembalikan kelembaban agar kulit sehat.


Gandum

Gandum adalah salah satu makanan yang mengandung serat tinggi dan rendah kolesterol. Gandum juga dikatakan sebagai makanan yang mampu meregenerasi kulit dengan baik. Dibandingkan makan sahur atau berbuka dengan mie instan, alangkah baiknya jika Anda makan dengan makanan yang terbuat dari gandum utuh misal roti, sereal atau oatmeal. Tapi ingat, agar khasiat gandum tak berkurang, usahakan memilih makanan berbahan gandum rendah gula. Terlalu banyak gula bisa memicu timbulnya jerawat di wajah.

Itulah beberapa tips kulit sehat saat bulan puasa. Lakukan hal-hal diatas agar anda bisa menjaga kesehatan kulit anda saat bulan puasa.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 12:15 AM