Home » , » Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami
Pori-pori besar di wajah kerap membuat kita merasa terganggu, selain tak enak dilihat, ternyata pori-pori juga dapat menjadi penyebab masalah kulit lainnya seperti menjadi penyebab jerawat yang dipicu oleh kotoran dan debu. Pori-pori wajah yang besar memang akan membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Sementara itu penyebab pori- pori melebar, diantaranya adalah karena stres, gen, penuaan, pengaplikasian pelembab yang berlebihan termasuk make-up, dan penggunaan produk kulit inferior. Perubahan hormonal selama kehamilan, pubertas, dan menopause juga bisa menjadi penyebab pori-pori wajah membesar. .

Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan sederhana, sehingga anda pun bisa melakukannya di rumah tanpa harus ke dokter atau klinik yang akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan anti oksidan yang bagus untuk kulit. Vitamin inilah yang mampu menyegarkan wajah. Jika wajah sudah segar, pasti pori-pori bisa mengecil dengan sendirinya. Anda hanya perlu memotong lemon menjadi dua bagian. Setelah itu peras lemon ke dalam gelas. Oleskan perasan lemon ini setiap malam sebelum tidur. Selain mengecilkan pori, lemon juga bisa mengencangkan kulit anda.


Baking Soda

Baking soda bekerja sebagai agen pengelupasan yang menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit anda. Campur 2 sendok makan baking soda dengan air. Oleskan pasta pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air dingin. Bisa juga digunakan setelah wajah dibersihkan dari make-up, tuangkan satu sendok baking soda ke dalam gayung yang berisi air. Gunakan air tersebut untuk membilas wajah. Setelah dibilas, jangan langsung dikeringkan dengan tissue atau handuk, diamkan selama 2 menit agar meresap kedalam kulit.


Es Batu

Es batu biasanya hanya digunakan untuk mendinginkan minuman. Padahal ada manfaat lain dari es batu yakni untuk menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Es batu juga bisa mengurangi produksi minyak di wajah. Seperti halnya uap panas yang bisa memperbesar pori-pori wajah, maka es batu berguna untuk mengecilkan pori-pori. Menggunakan uap panas juga baik untuk kesehatan kulit karena dapat memperbesar pori-pori sehingga kotoran dalam pori-pori mudah dibersihkan dengan mudah.

Anda bisa menggunakannya dengan cara menggosokkan es batu ke wajah anda secara perlahan. Gosokkan selama kurang lebih 15-20 menit. Tapi pastikan anda telah membersihkan wajah ada sebelum menggosokkan es batu, agar kotoran di wajah tidak menyumbat pori-pori wajah yang akan dibersihkan.


Madu

Madu tidak hanya dikenal untuk menghaluskan kulit. Madu juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Anda bisa mengoleskan madu pada wajah anda. Setelah itu biarkan mengering. Setelah kering anda bisa membilasnya dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon. Perasan jeruk lemon ini bisa memaksimalkan kerja masker madu untuk mengecilkan pori-pori. Selain itu lemon juga bisa memberikan aroma segar yang membuat anda tambah rileks saat menggunakannya. Lakukan ritual ini dengan rutin, minimal 2 kali seminggu. Efek penggunaan madu selain pori-pori wajah mengecil juga membuat wajah terlihat semakin cerah dan sehat.


Putih Telur

Putih telur mengandung asam amino dan enzim lain yang dapat meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori secara alami. Kemampuan putih telur sebagai zat perekat sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan juga untuk mengencangkan kulit wajah. Caranya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oleskan putih telur di seluruh wajah kemudian tutupi dengan tisu. Ketika masker telur benar-benar mengering, lepaskan tisu pada wajah. Ini adalah cara mencegah pori-pori wajah membesar serta membantu mengencangkan kulit wajah serta mengangkat kotoran yang menempel di wajah.


Tomat

Tomat merupakan zat alami yang dapat mengecilkan pori-pori secara alami dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Di sisi lain, tomat merupakan exfoliator atau pengelupasan kulit yang sangat baik dalam hal membersihkan, melembabkan dan menenangkan kulit serta mengeluarkan minyak berlebih.

Caranya dengan mengambil 1 buah tomat segar, cuci bersih dengan mengaliri air ke permukaan kulit tomat. Gunakan tisu atau kain bersih untuk mengeringkan, lalu anda bisa menumbuk atau blender tomat sampai halus. Setelah itu oleskan pada wajah seperti mengenakan masker lalu diamkan hingga kering. Setelah kering bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Air dingin bisa menambah kesegaran wajah anda.

Itulah beberapa tips untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Pilih salah satu ritual diatas dan lakukanlah secara rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 1:41 PM