Home » , » Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen.
Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati.

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi jerawat batu secara alami.



Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Selain untuk rambut, lidah buaya juga sangat baik bagi kulit tubuh. Cara untuk mengatasi jerawat batu secara alami adalah dengan cara mengambil buah lidah buaya dari kulitnya, setelah itu oleskan pada wajah yang berjerawat, lalu diamkan hingga beberapa menit. Jika Anda melakukannya secara rutin tiap pagi hari dan sore hari, maka jerawat akan mengelupas selama 3 hari. Tidak hanya itu, dengan lidah buaya maka bekas jerawat di wajah anda bisa hilang.


Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa dan umbi daun dewa memiliki kandungan anti radang dan anti iritan. Sehingga akan mencegah jerawat batu meradang sangat besar. Caranya cukup haluskan semua bahan dan tempelkan pada bagian yang berjerawat.


Madu 

Madu adalah salah satu herbal yang dapat digunakan untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Madu merupakan herbal yang memiliki zat antibiotik sangat tinggi yang dapat membantu anda mencegah infeksi serta proses penyembuhan pada kulit.
Caranya dengan mengoleskan madu ke bagian wajah yang berjerawat, diamkan beberapa menit kemudian bilas.


Bawang Putih

Bawang putih merupakan antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik yang juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Kandungan zat Sulfur bawang putih sangat ampuh dalam mengatasi jerawat batu secara alami.
Caranya, potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian, gosokkan bawang putih pada jerawat membandel di wajah, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Cuci dengan air.


Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang telah digunakan semenjak jaman dahulu dalam membantu menghaluskan wajah sebelum adanya berbagai produk kecantikan. Kandungan vitamin A dan C pada buah tomat sangat baik dalam membantu mengatasi jerawat secara alami. Caranya dengan menghaluskan tomat, kemudian mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan ke wajah secara merata dan diamkan beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih


Daun Pepaya

Daun pepaya dapat digunakan sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami. Daun pepaya sangat banyak kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat memberikan efek pada kulit, termasuk sangat ampuh menghilangkan jerawat. Caranya dengan mengeringkan 4-5 lembar daun pepaya, kemudian haluskan daun pepaya dan campur sedikit air, aduk hingga merata, lalu oleskan ke wajah.


Telur

Telur kaya akan protein yang dapat anda manfaatkan sebagai cara untuk mengatasi jerawat batu secara alami. Caranya, pisahkan putih telur dengan kuningnya. Lalu ambil putihnya dan campurkan dengan madu. Dan oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Kemudian biarkan kurang lebih 5 menit lalu cuci dengan air bersih. 


Lemon

Lemon sangat kaya dengan kandungan vitamin C ini sangat ampuh membasmi jerawat yang timbul dan besar. Jus lemon sangat ampuh untuk mengatasi jerawat batu secara alami. Pastikan anda membuatnya sendiri, jangan membeli jus dalam botol karena kandungan bahan kimianya.
Caranya hanya dengan mengoleskan air perasan lemon, tunggu hingga mengering kemudian bilas.


Mentimun

Mentimun dapat bekerja sebagai anti-inflamasi, sangat cocok untuk mengobati jerawat yang mulai memerah dan memberikan efek peradangan pada kulit wajah.
Caranya dengan menghaluskan mentimun tanpa campuran apapun, kemudian jadikan masker di wajah.
Tunggu 30 menit, lalu bilas.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi jerawat batu secara alami. Lakukan cara diatas secara rutin hingga jerawatnya hilang.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 12:07 AM