Home » , , , » Manfaat Susu Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Susu Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Susu Untuk Kecantikan Kulit

Susu memang cairan penuh gizi. Kaya akan berbagai vitamin dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi selain baik untuk dikonsumsi sebagai minuman, susu ternyata juga cocok untuk merawat kecantikan. Kandungan dalam susu seperti vitamin A, vitamin B, protein, dan Alpha Hidroxy Acids yang kaya manfaat itu juga bagus untuk menutrisi kulit anda.

Sejak dulu susu telah dipercaya dapat menutrisi kulit. Hal ini ditunjukkan dengan banyak beredarnya produk dan perawatan kecantikan di salon maupun klinik yang menggunakan bahan dasar susu murni. 
Susu segar akan sangat cocok digunakan untuk merawat kelembaban kulit dan mencerahkan kulit. Selain itu, susu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit lain seperti kulit kasar, kering, pecah-pecah, bersisik, dan belang pada kulit tanpa membuat kulit menjadi iritasi.
Artikel ini akan memberikan beberapa manfaat susu untuk kecantikan kulit.


Pembersih Wajah

Nutrisikan kulit wajah anda dengan vitamin D, dalam hal ini susu sebagai pembersih wajah. Jika kulit anda berminyak, usap lembut wajah anda menggunakan handuk yang telah dibasahi susu skim (susu skim mengandung sedikit lemak sehingga tidak membuat kulit semakin berminyak). Sementara untuk pemilik kulit kering, gunakan susu full cream atau susu sapi segar. Diamkan selama beberapa menit agar nutrisi dari susu terserap, lalu bilas dengan air.


Merawat Kulit Kering

Bila anda memiliki kulit yang sangat kering, lembabkan dengan susu bubuk. Isi bak mandi atau bath tub dengan air hangat, lalu masukkan setengah cangkir susu bubuk. Berendamlah selama 30 menit, dan anda akan mendapatkan kulit lebih halus setelahnya. Jangan langsung dibilas, diamkan selama beberapa menit sampai tubuh agak mengering, baru bersihkan dengan air.


Memutihkan Kulit

Kandungan Alpha Hidroxy Acids (AHA) dalam susu dapat mengangkat sel kulit mati, sementara protein dan vitaminnya mengatasi pigmentasi pada kulit.
Anda bisa membuat masker dengan perpaduan susu, madu, dan lemon yang juga mampu mencerahkan kulit. Usapkan ke wajah dengan handuk bersih yang sudah dicelup ke air hangat dan diperas. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.


Mencegah Penuaan Dini

Garis halus dan kerutan yang mulai bermunculan di wajah anda bisa diatasi dengan memanfaatkan susu untuk kecantikan kulit. anda bisa membuat masker wajah yang berbahan susu dan pisang. Campurkan daging buah pisang yang sudah dihaluskan dengan sedikit susu sampai menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin bisa menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah Anda.


Memperkecil Pori-pori

Masalah pori-pori besar memang menimbulkan berbagai macam masalah. Komedo dan jerawat bisa tumbuh jika lubang pori-pori membesar dan terkena udara kotor. Sehingga mengakibatkan kuman terjebak dan mudah berkembang biak. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai susu jenis sour krim atau susu asam. 

Lakukanlah dengan mengambil sour cream secukupnya untuk diaplikasikan pada wajah dan leher secara merata. Biarkan kandungannya terserap maksimal ke dalam kulit dengan membiarkannya mengering dengan sendirinya selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah kering lakukan pembersihan seperti biasanya.


Mengurangi Kulit Berminyak

Bagi anda yang mengalami berminyak terlalu lebih pada wajah, dapat menggunakan susu untuk mengatasinya. Tentunya dengan mengoleskan susu merata pada kulit wajah, tunggu beberapa menit, bisa 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat, jika tidak ada, memakai air biasa tidak apa. Gunakan secara teratur di waktu luang anda, dan nantikan hasilnya.


Mengangkat Sel Kulit Mati

AHA dalam susu menjadikan cairan ini cocok untuk eksfoliasi. Anda bisa memanfaatkan susu untuk kecantikan dengan membuat scrub susu sendiri dengan memadukan susu dan oatmeal. Keduanya dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa menjadikan kulit teriritasi. Gosok ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, sampai kulit Anda terasa halus. Kemudian bilas hingga bersih.


Mengatasi Jerawat

Susu bisa meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu susu dapat membersihkan kulit dengan lembut. Jadi kulit berjerawat anda bisa terhindar dari bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel anda tinggal membasuh wajah dengan susu. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas lagi dengan air hingga benar-benar bersih. Dengan perawatan ini jerawat dan noda hitam akan berkurang.


Mengurangi Kantung dan Lingkaran Gelap Bawah Mata

Susu mampu untuk mengurangi kantung mata atau mata panda secara alami. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam susu cair dingin, peras sedikit lalu tempelkan pada kedua mata yang terpejam. Tunggu selama 20 menit, lalu bersihkan menggunakan handuk hangat.


Itulah beberapa manfaat susu untuk kecantikan. Jika anda ingin memiliki kulit yang cantik, anda bisa menggunakan cara diatas secara teratur agar mendapatkan kecantikan kulit secara alami.
CB Blogger
Merawat kulit Updated at: 2:11 PM